Cara Mudah Tune Up Mobil Kalian Sendiri Di Rumah

Cara Mudah Tune Up Mobil Kalian Sendiri Di Rumah

Info OtomotifCara Mudah Tune Up Mobil Kalian Sendiri Di Rumah | Bagi kalian yang mengendarai jenis kendaraan roda empat. Tentunya tahu kalau hal terpenting dalam memelihara mesin mobil tetap prima dengan melakukan service yang rutin. Service rutin atau tune up biasa banyak dilakukan pengguna kendaraan di bengkel-bengkel resmi maupun bengkel langganan mereka. Namun sebenarnya kalian bisa juga melakukan tune up kendaraan kalian sendiri di rumah masing-masing.

Di kesempatan kali ini saya akan mencoba memandu kalian dalam melakukan tune up sendiri di rumah. Selain menghemat budget biaya perawatan mobil kalian, kalian bisa belajar mengenal mesin kendaraan yang kalian miliki. Melakukan tune up kendaraan sendiri di rumah bisa kalian lakukan jika memiliki peralatan yang lengkap. Dengan demikian, kegiatan service kendaraan yang dilakukan berjalan dengan lancar.

Cara Mudah Tune Up Mobil Kalian Sendiri Di Rumah

Melakukan service berkala dengan baik tentunya akan menambah usia kendaraan milik anda. Jadi inilah alasan mengapa setiap pemilik kendaraan selalu rutin melakukan kegiatan service berkala. Namun kembali lagi, jika melakukan service atau melakukan tune up kendaraan lebih baik dilakukan dengan sendiri. Maka dari itu saya akan memberikan panduan kepada kalian dalam melakukan tune up kendaraan roda empat anda.

Menyiapkan Segala Macam Peralatan

Di dalam proses melakukan tune up, ada beberapa peralatan yang harus kalian siapkan terlebih dahulu. Agar nantinya kegiatan tune up yang kalian lakukan bisa berjalan dengan lancar. Berikut adalah alat-alat perlengkapan yang harus kalian siapkan.

– Kunci Ring
– Kunci Pas
– Obeng Plus Dan Minus
– Ampelas
– Kain Lap ( Boleh Kanebo )
– Alat Tes Kompres
– Timing Light
– Alat Pengukur Celah ( Feeler Gauge )

Cara Mudah Tune Up Mobil Kalian Sendiri Di Rumah (2)

Melakukan Pembersihan Saringan Udara

Langkah awal dalam Tips Perawatan Kendaraan adalah mempersiapkan peralatan kerja. Jika peralatan yang di butuhkan sudah lengkap, hal awal yang bisa kalian kerjakan adalah membersihkan saringan udara ( Air Filter ). Dari banyaknya komponen yang ada di kendaraan roda 4, saringan udara termasuk komponen yang mudah di bongkar. Kamu dapat membersihkan saringan udara ini dengan cara mencucinya menggunakan air sabun. Nah ada dua type saringan udara yaitu saringan udara yang dari busa dan juga saringan udara terbuat dari bahan kertas berpelumas. Jika dari busa kalian bisa mencucinya, namun jika saringan udara yang berbahan kertas berpelumas kalian harus menggantinya dengan yang baru.

Mengecek Busi Dan Tutup Distributor

Cara mudah Tune Up mobil sendiri yang selanjutnya adalah pengecekan sistem pengapian. Salah satu nya memastikan kondisi busi mobil kalian dalam keadan masih layak pakai. Dan juga melakukan pengecekan pada tutup distributor. Namun sebelum melakukan pemeriksaan tutup distributor, pastikan tidak kalian lakukan pada saat mesin baru dimatikan. Kalian juga wajib memeriksa bagian kabel busi dan juga membersihkan celah-celah pada busi dan bagian komponen elektrodanya.

Melakukan Penyetelan Pada Pengapapian

Tahap berikutnya dalam melakukan tune up mobi adalah melakukan penyetelah pada sistem perapian. Adapun cara ini bisa kalian lakukan dengan cara pemutaran pada bagian distributor saat kendaraan kalian masih menyala. Ini diperuntukan agar kalian bisa mendengar dengan jelas suara mesin lebih halus yang menggunakan tenaga maksimal. Penyetelan idle ini berfungsi untuk megetahui apakah ada campuran pada bensin dan udara di saat kondisi stasioner. Maka sebelum melakukan penyetelan ini kalian harus memastikan putaran mesin pada kondisi stasioner. Apabila terjadi perubahan pada putaran stasioner, maka diperlukan penyetelan ulang.

Melakukan Perawatan Baterai (Accu)

Memang dalam perawatan, kendaraan yang menggunakan jenis baterai kering di anggap lebih mudah jika di bandingkan baterai basah. Tentunya kalian sebagai pengendara sudah tahu jawaban akan hal itu. Ya benar, sebab jika kendaraan yang masih menggunakan baterai atau accu basah harus rutin mengecek batasan airnya. Namun jika kendaraan menggunakan baterai kering tidak serumit penggunaan baterai basah.

Baca juga : Perawatan Mobil Diesel

Nah jadi pada intinya bagi kami yang memiliki kendaraan menggunakan baterai basah, wajib melakukan pengecekan rutin air baterai tersebut. Kalian harus memastikan dengan benar jika batasan air baterai tersebut tidak berada pada kondisi rendah. Bersihkan pula katub baterai kendaraan yang kalian miliki dengan menggunakan air hangat. Lalu bersihkan katub dengan menggunakan ampelas untuk bisa membersihkan kotoran yang melekat pada katubnya. Pastikan juga kondisi klemnya tidak dalam keadaan kendor. Hal tersebut bisa mencegah kendaraan anda mengalami mesin mati ketika di pakai.

Cara Mudah Tune Up Mobil

Jadi itulah tadi bagian dari cara melakukan tune up mudah yang bisa kalian lakukan sendiri dirumah. Cara ini bisa kalian lakukan ketika kendaraan yang kalian miliki memang sudah terasa kurang nyaman tarikan mesin nya. Namun apabila terdapat kerusakan yang serius pada kendaraan kalian, silahkan langsung mengunjungi bengkel resmi terdekat. Agar tidak ada hal yang tidak di inginkan dari keadaan kendaraan yang kalian miliki. Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi kalian yang mencari informasi seputar otomotif yang paling terupdate dari kami.

Kalian juga bisa mengetahui perkembangan teknologi terkini terkait dunia gadget dengan mengunjungi artikel kami di  Update SmartPhone.

Related Post