Kecepatan Motor Ducati Dalam Ajang MotoGP

Kecepatan Motor Ducati Dalam Ajang MotoGP

Info OtomotifKecepatan Motor Ducati Dalam Ajang MotoGP memang menjadi pertanyaan bagi kaum awam. Banyak yang menyebut kendaraan yang di gunakan di motogp tersebut hanya seperti bayangan saja jika melintas di sirkuit. Hal tersebut tentu menghadirkan pemikiran dari para banyak pecinta otomotif ingin mengetahui kebenaran nya. Untuk saat ini, rekor rider MotoGp tertinggi datang dari pembalap motor asal Italia. Pemabalap tersebut adalah Andrea Dovizioso yang menunggangi Ducati Desmosedici. Kuda besi yang di tunggangi kecepatan nya mencapai 356,7 km/jam pada lintasan sirkuit Mugello yang berada di Negara Italia tersebut. Hasil yang ia torehkan telah mengalahkan kecepatan dari pembalap lain nya.

Kecepatan Motor Ducati Dalam Ajang MotoGP

Dan momen itu terjadi baru-baru ini saja pada hari sabtu, 01 Juni 2019. Motor Ducati yang di kendarai nya melesat cepat dengan rekor tersebut terjadi pada sesi latihan bebas ketiga. Memang di sesi tersebut, Dovi hanya bisa menempati peringkat 11. Tetapi si pembalap yang telah menginjak usia 33 tahun ini mampu memacu motor nya dengan kecepatan yang melampaui kecepatan rider lain nya. Hanya ada satu nama rider yang mampu mendekati torehan nya tersebut, yatu rider satu tim nya di Ducati Danilo Petrucci.

Petrucci yang menempati posisi ke 3 pada sesi latihan bebas tersebut, memacu kuda besi nya dengan kecepatan 355 km/jam. Dengan catatan rekor yang di ciptakan oleh pembalap Ducati tersebut, ia telah mematah kan rekor top speed MotoGp sebelum nya yang di toreh kan oleh dia sendiri. Yang pada saat itu motor yang ia tunggangi mencapai kecepatan hingga 356,5 km/jam pada musim lalu dan di sirkuit yang sama. Jadi taki heran jika di musim ini, Dovizioso kembali menjadi rider dengan top speed terbaik MotoGp.

Dovizioso bergabung dengan Ducati sejak tahun 2013 sampai sekarang ini. Ia memang menjadi pilihan tim Ducati sebagai rider utama di skuad motor pabrikan asal Italia ini. Ducati terkenal di dunia MotoGp dengan motor yang memiliki tenaga mesin yang sangat besar. Bahkan untuk di track lurus, motor Ducati sangat sulit di dahului oleh para rider dari tim lain nya.

Kecepatan Motor Ducati Di Ajang MotoGP

Tim yang pernah di bela oleh legenda hidup Valentino rossi ini, memang telah menjadi tim yang sangat di segani oleh banyak tim lain nya. Setiap musim nya, tim Ducati selalu menjadi juara runner up. Yang selalu di kalah kan oleh tim rival nya yaitu Repsol Honda Team. Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana kehebatan Ducati ini berasal, sedikit di bawah ini akan saya berikan spesifikasi mesin yang ada pada motor Ducati Desmosedici tersebut.

  • Pabrikan: Bervariasi
  • Konfigurasi mesin: 75.5°-90° V4/Inline-four
  • Kapasitas mesin: 1,000 cc (61 cu in)
  • Combustion: 4 langkah
  • Valve-train: DOHC, four-valves per cylinder
  • Bahan bakar: Unleaded 100 octane (no control fuel)
  • Fuel delivery: Injeksi bahan bakar
  • Aspirasi: Aspirasi normal (normally aspirated)
  • Tenaga: 260 daya kuda
  • Rasio tenaga ke berat: 1.51 bhp/kg
  • Lubrication: Wet sump
  • Batas putaran mesin: 17,500 – 18,000 rpm
  • Kecepatan maksimal: 361 km/h (224 mph)
  • Pendinginan: Single water pump
  • Busi: Standar pemasok tunggal dari NGK

Baca juga : Mengenal Jenis Mobil Sport

Jadi wajar jika sebuah kecepatan motor Ducati ini ,mencapai maksimal nya. Karena di dukung oleh komponen mesin yang sangat luar biasa sekali performa nya. Tetapi sayang nya, Ducati dalam kurun waktu 2 tahun belakangan ini masih belum bisa menjuarai ajang MotoGP. Namun patut di tunggu kiprah tertinggi yang akan di catatkan kembali oleh tim asal Italia ini.

Nah, semiga informasi yang saya berikan di atas dapat menambah wawasan teman otomania semua nya. Dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi artikel saya ini. Agar tak tertinggal informasi seputar dunia otomotif yang akan kita bahas.

Kunjungi juga artikel lain nya untuk informasi tekhnologi smartphone hanya di Update SmartPhone.