Perawatan Mobil Diesel Yang Benar Dan Tepat

Perawatan Mobil Diesel Yang Benar Dan Tepat

Info OtomotifPerawatan Mobil Diesel Yang Benar Dan Tepat | Banyaknya jenis mesin pada mobil yang ada saat ini, tentunya dari kalian ada yang sangat hobi mengendarai mobil bermesin diesel. Mobil diesel sangat di senangi banyak kalangan karena latar belakang kekuatan mesin yang bandel. Hingga saat ini pun peminat dari mobil dengan mesin diesel di Indonesia sangat tinggi sekali.

Walau pun sudah di akui jika mesin diesel memiliki ketangguhan mesin yang luar biasa, namun mesin ini tetap memerlukan perawatan juga. Dalam peawatan mesin diesel ini memiliki perbedaan dengan mesin biasa. Banyak pulsa sebagian orang yang mengatakan jika mesin diesel sangat ribet perawatan nya. Ada pula yang menyebut jika perawatan mesin diesel memiliki budget yang tinggi. Namun kenyataan yang terjadi langsung di lapangan tidak demikian.

Perawatan Mobil Diesel Yang Benar Dan Tepat

Tetapi yang sebenarnya terjadi adalah, biaya perawatan mobil dengan mesin diesel jauh lebih ringan dibandingkan mobil yang menggunakan mesin pada umumnya. Selain biaya perawatan nya yang murah, mobil mesin diesel juga bisa tahan di bawa dalam perjalanan jauh. Bahkan penggunaan bahan bakar yang ada di mesin diesel tentu jauh lebih irit dibandingkan dengan mobil pada umumnya. Namun hebatnya mobil dengan mesin diesel ini, jelas tidak lebih hebar dari Mobil Hyper Car Bugatti yang super mewah.

Nah bagi kalian yang ingin tahu bagaimana cara merawat mobil diesel dengan benar dan tepat. Kalian bisa mengikuti beberapa tips dari saya yang ada dibawah ini.

Melakukan Pemanasan Mesin Setiap Hari

Hal simple yang biasa kita abaikan dalam perawatan mobil diesel adalah memanaskan mesin mobil setiap pagi. Penting bagi mesin mobil dilakukan pemanasan mesin kurang lebih 10-15 menit. Ini berguna untuk memberi lumasan terhadap komponen mesin agar mencegah terjadinya kaget mesin yang akan bergesekan. Sehingga mesin tidak mengalami kejutan pada mesin ketika hendak di kendarai.

Memakai Oli Mesin Sesuai Jenis Diesel

Oli mesin termasuk salah satu hal terpenting dalam perawatan mesin. Jangan sampai kalian memilih jenis oli yang salah dalam hal ini. Agar nanti nya kinerja mesin mobil diesel anda bekerja dengan baik. Kalian bisa memakai jenis oli mesin yang telah di anjurkan oleh pabrikan mobil yang kalian kendarai. Pilih tipe oli mesin yang sesuai dengan mesin kendaraan mobil diesel yang kalian miliki.

Rutin Mengganti Filter Solar

Perawatan yang berikut ini harus kalian lakukan dengan rutin. Mengganti filter dolar dalam perawatan mesin diesel sangatlah penting sekali. Ini berguna untuk mencegah masuknya kotoran-kotoran masuk ke dalam mesin mobil anda. Hal ini bisa menjadikan mesin mobil diesel yang anda kendarai terjaga dengan awet. Jika kalian jarang memperhatikan poin yang satu ini, akan berdampak sering nya mobil anda mengalami mogok. Karena jika tidak di bersihkan atau diganti, kotoran yang menyumbat akan masuk ke sistem bahan bakar kendaraan dan mengganggu sistem kerja mesin.

Rutin Membersihkan Filter Udara

Dalam sistem kinerja mesin Mobil Diesel, udara yang bersih sangatlah berperan penting dalam proses pembakaran. Karena dengan udara yang bersih tersebut kinerja pembakaran pada mesin akan bekerja sempurna dan performa mesin menjadi maksimal. Bahkan dapat meminimalisir penggunaan bahan bakar kendaraan anda. Jadi untuk mendapatkan udara yang bersih masuk ke dalam mesin, bersihkanlah filter udara kendaraan anda dengan baik dan rutin. Jika kalian melakukan hal ini, tentunya akan sangat sulit bagi kotoran atau debu masuk kedalam mesin. Debu adalah musuh dari sebuah mesin mobil. Karena debu dapat mengakibatkan mesin cepar aus akibat adanya debu yang menjadi alat pengasah di antara silinder dan ring piston. Maka dari itu hal ini juga masuk ke dalam perawatan mobil diesel milik anda.

Tidak Langsung Mematikan Mesin Mobil

Ketika kalian sudah selesai berkendara dengan menggunakan mobil diesel, janganlah langsung mematikan mesin mobil anda. Berikan jeda waktu antara 5 hingga 10 menit setelah berhenti di tujuan anda. Setelah memberikan jeda waktu tersebut maka kalian sudah bisa mematikan mesin mobil diesel yang kalian gunakan. Ini diperlukan agar mesin tidak mengalami stress dan dapat memperpanjang umur mesin diesel itu sendiri. Jika mesin mobil langsung kalian matikan, maka akan mengakibatkan suplai oli dan pendinginan pada sistem mesin akan berhenti.

Baca juga : Ketangguhan Mobil Trooper

Melakukan Beberapa Perbaikan Pada Mesin

Nah kalian bisa melakukan perbaikan mesin kendaraan diesel anda seperti melakukan perbaikan pada Injection Pump. Lakukan perbaikan tersebut di bengkel-bengkel resmi yang khusus untuk mobil dengan jenis mesin diesel. Apabila terjadi kerusakan para pada komponen Injection Pump tersebut, segera ambil tindakan untuk memperbarui nya. Jika kalian harus mengganti spare part, maka pastikan kalian mengganti dengan spare part yang asli bawaan mobil yang anda gunakan. Kalian bisa mencari spare part asli tersebut di bengkel-bengkel resmi yang bermerk mobil kalian.

Jadi itulah tadi cara perawatan mobil diesel yang bisa saya bagikan ke kalian. Di sini semoga info yang saya berikan dapat membantu anda dalam menjaga kondisi mobil yang anda kendarai tetap menghasilkan performa yang baik.

Kalian juga bisa mengetahui perkembangan teknologi terkini terkait dunia gadget dengan mengunjungi artikel kami di  Update SmartPhone.